Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v10i2.370Keywords:
Chatbot, Natural Language Processing, CrawlingAbstract
Program Information Technology di Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya, merupakan salah satu program yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pada saat perkuliahan berlangsung. Akan tetapi, kurangnya informasi mengenai Program Information Technology menyebabkan kurangnya minat calon mahasiswa terhadap program tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi chatbot yang dapat membantu user untuk memperoleh informasi-informasi terkait dengan Program Information Technology pada Jurusan Teknik Informatika, Universitas Surabaya. Chatbot yang dibangun hanya akan memproses pertanyaan dengan bahasa Inggris saja. Chatbot yang dibuat pada penelitian ini menggunakan pendekatan Natural Language Processing (NLP) untuk memproses pertanyaan yang disampaikan user dan untuk mendapatkan kata kunci dari informasi yang diinginkan user. Sistem akan melakukan pencarian informasi pada kamus informasi yang ada. Apabila informasi tidak ditemukan, maka sistem akan melakukan proses crawling untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan user. Pada penelitian ini, validasi sistem dilakukan dengan dua metode yaitu cross validation dan user validation. Berdasarkan validasi dengan metode cross validation didapatkan akurasi sebesar 83,33%. User validation dilakukan dengan cara meminta 10 user untuk melakukan uji coba sistem dan didapatkan akurasi sebesar 76%.
Downloads
References
Hakim, M.A & Nurhayati, S. (2019). Pembangunan Aplikasi Chatbot Midwify sebagai Media Pendukung Pembelajaran Ilmu Kebidanan Berbasis Android di Stikes Bhakti Kencana Bandung. Komputika: Jurnal Sistem Komputer, Vol. 8(1), pp. 45-52.
Wangsanegara, N.K. & Subaeki, B. (2015). Implementasi Natural Language Processing Dalam Pengukuran Ketepatan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Pada Abstrak Skripsi Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic. Jurnal Teknik Informatika, Vol. 8(2), pp. 1-6.
Suryani, D. & Amalia, E.L. (2017). Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis AIML. SMARTICS Journal, Vol. 3(2), pp. 47-54.
Benedictus, R.R., Wowor, H. & Sambul, A. (2017). Rancang Bangun Chatbot Helpdesk untuk Sistem Informasi Terpadu Universitas Sam Ratulangi. E-Journal Teknik Informatika, Vol. 11(1).
Dwi, A.R., Imamah, F., Andre, Y.M.S. & Ardiansyah. (2018). Aplikasi Chatbot (MILKI BOT) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU. Jurnal Cendikia, Vol. XVI, pp. 100-106.
Amalia, E.L. & Wibowo, D.W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, Vol. 13(2), pp. 137-142.
Yuniar, E. & Purnomo, H. (2019). Implementasi Chatbot “ALITTA” Asisten Virtual Dari BALITTAS Sebagai Pusat Informasi Di BALITTAS. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Vol. 12(1), pp. 24-35.
Khanna, A., Pandey, B., Vashishta, K., Kalia, K., Pradeepkumar, B., & Das, T. (2015). A Study of Today’s A.I. through Chatbots and Rediscovery of Machine Intelligence. International Journal of u- and e- Service, Science and Technology, Vol. 8(7), pp. 277-284.
Lisangan, E.A. (2013). Natural Language Processing Dalam Memproses Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Atma Jaya Makassar. Jurnal TEMATIKA, Vol. 1(1), pp. 1-9.
Redd, M.V. & Hanumanthappa. (2014). Semantical and Syntactical Analysis of NLP. International Journal of Computer Science and Information Technologies, Vol. 5(3), pp. 3236-3238.
Siddiqi, S. & Sharan, A. (2015). Keyword and Keyphrase Extraction Techniques: A Literature Review, International Journal of Computer Applications, Vol. 109(2), pp. 18-23.
Qaiser, S. & Ali, R. (2018). Text Mining: Use of TF-IDF to Examine the Relevance of Words to Documents. International Journal of Computer Applications, Vol. 181(1), pp. 25-29.
Christian, H., Agus, M.P. & Suhartono, D. (2016). Single Document Automatic Text Summarization Using Term Frequency-inverse Document Frequency (TF-IDF). ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, Vol. 7(4), pp. 285-294.
Khan, N.H., Saha, G.C., Sarker, B. & Rahman, M.H. (2014). Checking the Correctness of Bangla Words using N-Gram. International Journal of Computer Applications, Vol. 89(11).
Prasetyo, V.R. (2018). Searching Cheapest Product On Three Different E-Commerce Using K-Means Algorithm. Proceeding of International Seminar on Intelligent Technology and Its Application (ISITIA). Bali, Indonesia.
Prasetyo, V.R., Hartanto, B. & Mulyono, A.A. (2019). Penentuan Pembimbing Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya Dengan Metode Dice Coefficient. Teknika, Vol. 8(1), pp. 44-51.